Amankan Demo UU Ciptaker, Polda NTT Berangkatkan 200 Personel Gabungan ke Jakarta

Dilihat: 400

MANGGARAI BARAT – Sebanyak 200 personel gabungan satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) Sat Brimob Batalyon B Pelopor Polda NTT pada hari ini diberangkatkan ke Polda Metro Jaya dalam rangka melaksanakan tugas Bawah Kendali Operasi (BKO). Mereka diberangkatkan dari Bandara Komodo Labuan Bajo, pada Senin, 12 Oktober 2020 siang.

200 personel ini diberangkatkan untuk menebalkan pengamanan aksi penolakan pengesahan Undangan-Undang Omnibus Law Cipta Kerja yang dilakukan oleh elemen buruh dan mahasiswa sesuai dengan perintah Kapolri.

Sebelumnya, mereka terlebih dahulu menjalankan apel keberangkatan yang dipimpin oleh Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., di Lapangan Mako Polres Manggarai Barat, Jalan Frans Lega, No.15, Labuan Bajo, Senin, 12 Oktober 2020.

loading...

“Apel tadi bertujuan sebagai bekal dan arahan tehadap mereka agar betul-betul melaksanakan tugas pedoman secara profesional sesuai dengan SOP, dan tetap mentaati semua aturan yang berlaku di lingkungan Polri. Saya juga menghimbau agar mereka tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” ujar Kapolres Bambang Hari Wibowo, kepada Media WN, Senin siang.

Kapolres Wibowo menjelaskan, dari wilayah Hukum Polres Manggarai Barat, pihaknya memberangkatkan sebanyak 97 personel. Sementara dari Polda NTT, ada sebanyak 103 personel yang diberangkatkan. “Jadi total yang berangkat ini ada 200 personel,” kata Kapolres Bambang Hari Wibowo.

Sebelumnya ujar Kapolres, Kapolda NTT juga telah memimpin apel pemberangkatan 103 personel Sat Brimob Polda NTT di Kupang.

Kapolres Mabar menyebut, personel gabungan ini sengaja diberangkatkan dari Labuan Bajo, karena akses transportasinya lebih memadai. Selain itu, agar dapat dijangkau juga oleh Kompi-Kompi Brimob terdekat di bawah Sat Brimob Batalyon B Pelopor Polda NTT.

“Jadi yang diberangkatkan ini tidak semua juga. Masih ada semua pasukan yang standby di Polda NTT dan di Polres Manggarai Barat. Yang berangkat ini hanya gabungan dari beberapa Kompi Brimob,” terang Kapolres Wibowo.

Dia mengatakan, 200 personel itu nanti tentu akan diberikan arahan di Polda Metro Jaya, terutama dalam menjaga sikap yang humanis. “Karena yang kita amankan ini saudara kita sndiri. Mahasiswa, buruh, dan Polisi juga bagian dari rakyat,” ucap Kapolres. (yb)

  •