Atasi Pengangguran di Manggarai, DM Siapkan Program Niang Digital untuk Generasi Milenial

Dilihat: 410
Komunitas Satria Muda Kampung Pitak Pendukung Deno-Madur (Foto: Encis Rodriques)

MANGGARAI – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Dr. Deno Kamelus, SH. MH bersama Drs. Viktor Madur (Deno-Madur) menyiapkan program Niang Digital untuk generasi milenial di Kabupaten Manggarai.

Hal itu disampaikam Koordinator Relawan Muda DM Jilid 2, Tales Yulianus, dalam keterangan tertulis yang diterima Media WN, Minggu 18 Oktober 2020.

Yulianus menilai, jumlah pengangguran yang cukup tinggi di Kabupaten Manggarai menjadi masalah cukup serius jika terus diabaikan.

loading...

“Meningkatnya angka pengangguran ini sejalan dengan fenomena bonus demografi di Indonesia, yang mana jumlah angkatan kerja produktif mengalami peningkatan. Sementara lapangan kerja masih sangat sedikit,” kata Yulianus.

Karena itu, Paket Deno-Madur menawarkan solusi kerja kolektif yang memiliki sarat inovasi kepada generasi kreatif di Kabupaten Manggarai. Program ini kata Yulianus, juga telah didiskusikan dan disepakati bersama Calon Bupati Deno Kamelus.

“Inovasi yang akan dilakukan oleh Deno-Madur adalah membangun sebuah balai latihan kerja bernama Niang Digital yang akan memberdayakan anak-anak muda Manggarai dalam memanfaatkan sisi positif terkait perkembangan teknologi digital,” ujarnya.

Ide sederhana ini, ujar Yulianus, muncul dari kepedulian Deno-Madur terhadap generasi muda yang memiliki bakat baik dalam niat mereka untuk menjadi youtuber, vlogger, maupun content creator lainnya yang selama ini kesulitan karena mengalami berbagai kendala dalam berkreasi.

Yulianus menyampaikan, Deno-Madur ingin agar generasi muda di Manggarai, tidak hanya menjadi penonton konten-konten di berbagai platform di media sosial.

“Deno-Madur akan merangkul mereka semua untuk menjadi pembuat konten berkualitas tentang apa saja secara baik dan benar,” ungkap dia.

Niang Digital, demikian Yulianus, akan menjadi tempat dimana anak muda Manggarai mewujudkan mimpi mereka. Dengan dukungan fasilitas yang memadai, dan didampingi oleh mentor-mentor berpengalaman, generasi muda akan diberdayakan hingga menjadi mandiri dengan mulai berkarya untuk memperoleh penghasilan yang memuaskan.

“Bukan hanya memberi pelatihan, Niang Digital akan memberikan semua kebutuhan mereka (modal usaha) sesuai dengan minat masing-masing,” terang Yulianus.

Dia menuturkan, Niang Digital nantinya akan berpusat di suatu tempat dengan kualitas internet yang mumpuni. “Alumni Niang Digital dari wilayah yang tidak terjangkau internet, bisa terus berkreasi dengan cara membuat komunitas dengan desa-desa sekitar,” jelasnya.

Dikatakannya, komunitas ini nantinya akan menggunakan jaringan internet di wilayah yang sudah bisa terkoneksi, sampai Pemerintah Daerah selesai merampungkan pengembangan internet di wilayah-wilayah pelosok yang ada di Kabupaten Manggarai

“Pada intinya, Deno-Madur percaya bahwa gagasan besar ini bisa terwujud dengan baik selama mendapat dukungan dari masyarakat. Niang Digital bisa menjadi awal berkembangnya industri kreatif di Kabupaten Manggarai yang selama ini belum tersentuh sama sekali,” tutur dia.

“Ayo mandiri bersama Niang Digital, solusi inovatif Deno-Madur untuk generasi kreatif Kabupaten Manggarai,” pungkas Yulianus. (RED)

  •