oleh

Bupati Mabar Resmikan Kapal Publik, Rute Pulau Mesah, Papagarang dan Rinca

media-wartanusantara.id — Kapal publik masal Gandha Nusantara, resmi beroperasi di wilayah Manggarai Barat.

Hal ini ditandai dengan presmian langsung oleh Bupati Manggarai Barat Edistaus Endi, di Pelabuhan Pelni Labuan Bajo, Senin (01/3/2021).

Kapal ini merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan yang akan beroperasi sekali dalam seminggu untuk melayani masyarakat Pulau Mesah, Pulau Papagarang dan Pulau Rinca.

Hadir dalam acara presmian ini Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng, Ketua DPRD Mabar Martinus Mitar, Wakil Ketua DPRD Marsel Jeramun, sejumlah pimpinan OPD, Danramil Komodo, Polres Mabar, dan perwakilan dari Kementerian Perhubungan.

Kementerian Perhubungan yang diwakili Kepala UPP Labuan Bajo, Simon, dalam sambutannya mengatakan sarana yg diberikan merupakan angkutan publik masal yang akan dioperasikan sekali dalam seminggu, dengan rute Pulau Mesa, Pulau Papagarang, dan Pulau Rinca.

“Kapal ini beroperasi sekali dalam seminggu. Gratis, tanpa biaya. Sarana ini sangat diharapkan bisa mensupport pariwisata super premium Labuan Bajo,” kata Simon.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat Edistaus Endi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas perhatian dari pemerintah pusat untuk Labuan Bajo.

“Terima kasih atas perhatian pemerintah pusat untuk Labuan Bajo,” ucap Edi Endi.

Di Manggarai Barat, kata politisi NasDem itu, ada 164 pulau, dan yang sudah berpenghuni sebanyak 36 pulau.

“Itu artinya, masih ada 33 pulau yang belum bisa dilayani oleh kapal ini. Kami berharap, semua masyarakat harus diperlakukan sama,” kata Edi Endi.

“Besok, kami siap bersurat lagi dengan Kementerian Perhubungan, agar pulau-pulau yang lain juga bisa dilayani,” tutup Bupati asal Kakor, Lembor Selatan itu. (Yb)

WARTA UTAMA