oleh

Sebaiknya Halaman & Gedung DPR/MPR Dijadikan Rumah Sakit Sementara Pasien Corona

media-wartanusantara.id — Gelombang kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami kenaikan yang cukup drastis selama beberapa hari terakhir.

Jumlah pasien yang terpapar dengan diagnosa positif diperkirakan terus melonjak dan rumah sakit dipastikan akan mengalami kekurangan ruang perawatan. Jika hal ini terjadi maka akan terjadi kasus penelantaran pasien.

Menyikapi kondisi ini anggota DPR RI, Benny Kabur Harman dari Fraksi Partai Demokrat berpendapat agar halaman dan gedung DPR/MPR sebaiknya dijadikan rumah sakit darurat untuk pasien Covid-19.

“Kalau memang rumah sakit sudah penuh sehingga banyak pasien terlantar dan harus tunggu antri berjam-jam, sebaiknya halaman dan gedung DPR/MPR dijadikan rumah sakit darurat,” tulis Benny Harman dalam cuitannya di twiteer pada Jumat (09/7/2021).

Benny Harman yang merupakan anggota Komisi Hukum di DPR RI itu mengutarakan, hal itu dilakukan semata untuk keselamatan rakyat.

“Keselamatan dan kesembuhan pasien Covid-19. Ada pendapat lain? # Liberte,” tutupnya.

Untuk diketahui, Kasus Covid-19 di Indonesia masih terus mengalami peningkatan bahkan terus mencetak rekor terbaru.

Kemarin pada Rabu (8/7/2021) RI mencetak rekor penambahan kasus Covid-19 sebanyak 34 ribu kasus dalam sehari.

Jumlah ini bahkan menjadi kasus baru yang tertinggi di dunia kemarin, mengalahkan Rusia yang mencetak 23 ribu kasus.

Kementerian Kesehatan mencatat pada Kamis (8/7/2021) penambahan pasien baru Covid-19 hingga pukul 12:00 WIB sebanyak 38.391 orang. Penambahan ini kembali menembus rekor kasus baru Covid-19 setelah kemarin. Dengan begitu total kasus Covid-19 di Indonesia sebanyak 2.417.788 orang.

Kabar baiknya, ada 21.185 pasien yang sembuh hari ini sehingga totalnya menjadi 1.994.573 orang. Sayangnya, jumlah orang yang meninggal akibat virus ini pun semakin bertambah terutama di tengah kekhawatiran penuhnya sejumlah rumah sakit.

Kemenkes mencatat ada 852 kasus kematian baru, sehingga totalnya 63.760 orang. Kemarin RI juga mencatatkan rekor kematian tertinggi lebih dari 1.000 orang.

Dengan data tersebut maka kasus aktif Covid-19 per hari ini terus meningkat. Kasus aktif merupakan pasien Covid-19 yang saat ini masih menjalani perawatan maupun isolasi mandiri. Hari ini tercatat kasus aktif sebanyak 359.455 orang

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengaku telah menyiapkan skenario terburuk jika pandemi Covid-19 di Indonesia semakin ganas. bahkan, jika kasus positif menyentuh 70 ribu kasus per hari.

“Kita sudah hitung worst case, lebih dari 40 ribu bagaimana suplai oksigen, obat, rumah sakit, semua sudah kami hitung,” tegas Luhut, seperti dikutip Kamis (8/7/2021).

Sebagai antisipasi, pemerintah akan menyiapkan Asrama Haji di Pondok Gede pasien covid-19 yang tidak tertampung di beberapa rumah sakit besar seperti RS Wisma Atlet.

Asrama Haji dalam kondisi layak dan sudah dicek langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Luhut mengatakan kapasitasnya bisa untuk 800 pasien.

“Menkes sudah siapkan ICU misalnya RS Asrama Haji di Pondok gede,” terangnya. TNI Polri juga dioptimalkan dengan mendirikan RS Darurat, khususnya wilayah Jakarta dan Surabaya.

Luhut juga memastikan ketersediaan oksigen dalam situasi terburuk seperti tambahan kasus yang mencapai 70 ribu per hari. Begitu juga dengan ketersediaan obat-obatan dan fasilitas kesehatan lainnya. **