oleh

Jaga Persatuan dan Kesatuan, Polres Manggarai Barat Gelar Apel Kebangsaan

 

media Wartanusanta.id,- Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat, Polda Nusa Tenggara Timur menggelar apel kebangsaan dengan tema ” Kita Merah Putih, Ayo Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa di Kabupaten Manggarai Barat”. Apel ini digelar di lapangan Polres Mabar, Senin (26/4/2021) pukul 08.30 Wita.

Kapolres Manggarai Barat melalui Wakapolres Kompol Sukanda mengatakan bahwa, Apel kebangsaan ini digelar dalam rangka pencapaian 100 hari Program Prioritas Kapolri dan menjaga keutuhan NKRI di bumi Komodo sebagai wujud komitmen seluruh masyarakat dalam mewujudkan Kamtibmas yang kondusif.

“Apel Kebangsaan yang kita laksanakan ini, bertujuan untuk menguatkan rasa Nasionalisme yaitu menguatkan rasa cinta NKRI bersama–sama dan untuk mengingatkan seluruh anak bangsa bahwa Kebhinekaan yang ada di Indonesia adalah kekuatan utama untuk menjaga kedaulatan Negara. Maka dengan demikian, masyarakat juga harus bergerak bersama merawat Kebhinekaan dan Ke-Indonesiaan ditengah perbedaan pandangan yang selama ini ada”, ucapnya.

Selain itu, demikian Sukanda situasi pandemi Covid-19 yang telah membawa perubahan ke dalam seluruh aspek kehidupan kita. Namun, hal tersebut tidak dapat menghalangi keberadaan kita untuk bersatu menuju Indonesia maju. Karena itu, pola pikir dan etos kerja harus berubah sehingga semangat kebersamaan kita mampu mengatasi segal krisis yang ada.

“Ini telah memaksa kita untuk membuat kebiasaan hidup agar beradaptasi dengan kebiasaan baru, pola pikir dan etos kerja kita harus berubah, fleksibilitas kecepatan dan ketepatan sangat dibutuhkan, yakinlah dengan semangat kebersamaan kita mampu mengatasi segala krisis yang ada”, ujarnya.

Melalui apel Kebangsaan ini, Kapolres Manggarai Barat mengajak agar terus bekerja sama untuk merajut kemajemukan dalam jalinan persaudaraan sesama anak negeri, mencegah dan menghindari permusuhan, pertikaian dan perpecahan.

BACA JUGA:   Julie Laiskodat, Serahkan Bantuan Pemerintah Pusat ke 9 Kelompok Tani di Mabar

“Kita semua harus merasa bertanggung jawab dalam memelihara kamtibmas yang aman dan kondusif sesuai dengan bidang dan profesi masing–masing guna untuk menjaga persatuan dan kesatuan agar tetap utuh sebagai bangsa yang besar. Marilah terus bersama menjaga kerukunan, mempererat tali persaudaraan, menolak segala bentuk dan tindakan yang melanggar hukum, mengedepankan dialog dengan musyawarah dan mufakat demi terciptanya kedamaian dan kerukunan kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Manggarai Barat ini,” tegasnya.

Di akhir sambutannya Kapolres Manggarai Barat juga mengajak untuk menciptakan kerja sama yang baik tanpa membedakan suku, ras dan agama.

“Mari kita bersama–sama menjaga rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan di kehidupan khususnya untuk kemajuan Kabupaten Manggarai Barat yang kita cintai ini,” ajaknya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh
Danramil 1612-02/ Komodo, Kapten Inf. I Nyoman Sukada, Danlanal Labuan Bajo Mayor Laut (KH) Budi Purwoto, Danki Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo IPTU Raymundo De Jesus, Pengadilan Negeri Labuan Bajo, Kejari Mabar, Ketua MUI Mabar Zakar Abdul Jangku, Camat Komodo Imran, dan Organisasi Masyarakat yang ada di Manggarai Barat. (YB).