Yeni Veronica Bagikan Masker Untuk Warga yang Baru Datang dari Luar Daerah

MANGGARAI – Penumpang kapal Sabuk Nusantara 49 yang turun di pelabuhan Reo pada Rabu (08/04/20) pagi diberikan masker gratis oleh Anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Yeni Veronica, S.H.

Di sela-sela pembagian masker tersebut, anggota Dewan yang berasal dari Dapil Manggarai Raya ini mengingatkan kepada masyarakat Manggarai tentang pentingnya menjaga kesehatan di tengah mewabahnya virus corona atau Covid 19.

“Apa yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah itu sudah sangat tepat. Tahapan demi tahapan yang dilakukan adalah baik demi keselamatan masyarakat Manggarai dari virus yang sangat berbahaya ini,” ungkap Yeni kepada awak media usai membagi masker.

Yeni Veronica yang juga Istri Bupati Manggarai itu menjelaskan, upaya untuk pencegahan terhadap covid 19 itu perlu dilakukan dan keterlibatan dari semua pihak. Apalagi untuk para penumpang atau mereka yang baru datang dari daerah terpapar.

“Penggunaan masker adalah langkah awal. Setidaknya ini menghindari penyebaran langsung jika yang bersangkutan mengalami flu, bersin ataupun batuk,” tambahnya.

Menurut Politisi Partai Amanat Nasional ini, bahwa banyak hal yang dhimbau pemerintah untuk dilakukan oleh masyarakat sebagai upaya pencegahan sehingga tidak terjangkit Corona.

“Harapannya buat masyarakat Manggarai yang baru pulang ini, ikuti arahan pemerintah, ikuti kebijakan pemerintah, baik itu pemerintah pusat, Provinsi sampai Kabupaten,” lanjutnya.

Ia kemudian menghimbau agar masyarakat selalu menjaga kebersihan agar tercapainya hidup sehat dan terhindar dari gangguan penyakit ataupun virus.

“Menggunakan masker, cuci tangan sesering mungkin dengan sabun, menjaga jarak dengan orang lain 1 sampai 2 meter adalah cara sederhana yang mudah kita lakukan agar tidak tertular maupun menularkan virus ini,” lanjut Yeni.

Menurutnya menghadapi virus Corona atau covid 19, masyarakat tidak perlu panik secara berlebihan sebab kadang karena panik atau mental yang kurang bagus atau takut membuat daya tahan tubuh kita menjadi lemah dan mudah terserang oleh penyakit.

“Tidak perlu panik atau takut secara berlebihan. Jika ada gejala sakit seperti flu, demam atau jenis sakit-sakit lainnya langsung datang ke Puskesmas atau Rumah sakit terdekat tidak boleh diam di rumah saja,” tutupnya.

Diketahui Yeni Veronica mendampingi Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, SH MH Bersama unsur forkopimda Kabupaten Manggarai saat memantau kapal yang baru tiba dan membawa penumpang dari luar daerah.

Pada kesempatan itu Bupati menyampaikan arahan langsung kepada Otoritas Kapal dan penumpang yaang baru tiba terkait himbauan untuk membatasi kapal angkutan penumpang yang datang ke Manggarai.

Mulai bulan April kapal hanya diperbolehkan sekali dalam sebulan untuk mengantar ataupun menjemput penumpang di pelabuhan kendidi Reo.

Selain itu Bupati Deno juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya isolasi mandiri bagi mereka yang baru datang dari daerah terpapar. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona di Kabupaten Manggarai. (RED)