Bersama TNI-POLRI, Bupati Manggarai Menandatangani Dana Hibah Pengamanan Pilkada 2020

MANGGARAI – Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, S.H., M.H. bersama Dandim 1612 Manggarai, Letkol Inf. Rudi M. Simangunsong, S.Sos dan Kabag Ops Polres Manggarai AKP Mateus Anus, S.H., M.H. mewakili Kapolres Manggarai, menandatangani Naskah Hibah Pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Tahun 2020. Agenda tersebut dilaksanakan di Aula VIP Nuca Lale, Kantor Bupati Manggarai, pada Selasa, 11 Februari 2020,

Bupati Deno Kamelus dalam sambutannya menjelaskan bahwa penandatanganan Naskah Hibah Pengamanan ini merupakan satu dari sekian banyak rangkaian kegiatan menjelang agenda Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Tahun 2020, terutama yang berkaitan dengan keamanan penyelenggaraan perhelatan politik itu.

“Kita semua berharap bahwa Pemilihan Kepala Daerah ini dapat berjalan dengan baik. Termasuk di dalamnya, pihak TNI dan Polri itu nanti akan bertanggung jawab dalam kaitan dengan pengamanan,” papar Bupati Manggarai.

Ditambahkannya, dalam hubungannya dengan pengamanan tersebut, pihak Kepolisian dan TNI perlu mendapat dukungan-dukungan pembiayaan seperti juga pihak-pihak lain yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai, yakni KPU dan Bawaslu.

“Jumlahnya memang sangat minimal karena kemampuan keuangan kita (daerah) sangat terbatas. Sebagai Bupati tentu saja saya sangat berharap bahwa Pa Dandim dan Pa Kapolres dengan seluruh jajarannnya dengan pembiayaan yang sangat terbatas tidak mengurangi bagaimana kita menyelenggarakan Pilkada ini dengan sangat baik,” harapnya.

Untuk diketahui, dana hibah pengamanan Pilkada Manggarai berjumlah 3 Miliar Rupiah, dengan perincian: 2,5 Miliar Rupiah untuk Polres Manggarai dan 500 Juta Rupiah untuk Kodim 1612 Manggarai. Kepala Badan Keuangan Kabupaten Manggarai, Drs. Wilhelmus Ganggut menjelaskan bahwa setelah penandantanganan ini, pihak Polres Manggarai dan Kodim 1612 Manggarai akan mengajukan permohonan pencairan ke Badan Keuangan sebelum dana hibah pengamanan tersebut dicairkan.

Terkait pengamanan sendiri, Bupati Deno Kamelus menjelaskan bahwa selain POLRI dan TNI, yang sangat berperan dalam menciptakan serta menjaga situasi yang kondusif dalam penyelenggaraan Pilkada adalah para kandidat. Menurutnya, jika calon mengompor-ngompori pemilihnya maka situasi chaos mungkin akan terjadi. Namun jika calon mampu menenangkan konstituennya maka perhelatan politik tersebut dapat berjalan dengan baik.

Hal senada disampaikan oleh Kabag Ops Polres Manggarai dan Dandim 1612 Manggarai. Selain menyampaikan apresiasi atas dukungan dana pengamanan ini, keduanya mengajak agar seluruh elemen sama-sama berusaha menjaga situasi kemananan dan ketertiban dalam seluruh tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai tahun ini.

“Kami aparat keamanan bisa melaksanakan tugas dengan baik jika pemerintah daerah, ASN, para penyelenggara Pemilu, dan pengawas mengawal dengan baik agar proses demokrasi dijalankan (dengan baik),” ungkap Dandim Rudi M. Simangusong yang juga berjanji akan berkomitmen dan bekerja keras untuk mendukung agar pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Manggarai dapat berjalan dengan aman, lancar, dan tertib.

Turut hadir pada agenda penandatanganan Naskah Hibah Pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Tahun 2020 tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai, Jahang Fansi Aldus, Asisten Administrasi Umum, Fransiskus Kakang, serta sejumlah pimpinan perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai. (RLS/RED)