Dipimpin Pak Kades, Warga Golo Cala Perbaiki Jalan Rusak

  •  
  •  
  •  
  •  

media-wartanusantara.id – Sejumlah warga di Dusun Golo Cala, Desa Umung, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur spontanitas memperbaiki jalan raya yang rusak parah di wilayah setempat pada Jumaat, 14 Januari 2022. Dipimpin Kepala Desa Umung, pekerjaan tersebut diikuti oleh Babinkantibmas, orang tua, hingga anak-anak muda.

“Aksi perbaikan jalan dilakukan di jalur Golo Cala yang menghubungi kota Kecamatan dan Kabupaten,” kata Kepala Desa Umung, Hermanus Hasu kepada Wartanusantara, Jumaat siang.

Ia mengatakan, aksi ini menyikapi atas seringnya kecelakaan lalulintas yang terjadi bagi sejumlah pengendara yang melewati jalan tersebut. Perbaikan jalan itu, kata Dia, dilakukan dengan menggunakan material pasir dan batu yang diambil dari sepanjang ruas jalan untuk menutupi bagian yang rusak sepanjang puluhan meter.

Hasu mengatakan perbaikan jalan ini murni atas spontanitas warga yang peduli terhadap kondisi jalan yang rusak parah. Ia merasa bangga atas kepedulian masyarakat setempat yang telah mengambil bagian dalam pekerjaan tersebut dengan penuh sukacita. “Sebab hampir setiap hari ada yang tergelincir atau kecelakaan.Termasuk warga di sini beberapa waktu lalu mengalami kecelakaan karena kondisi jalan yang rusak,” kata Herman.

Ia juga menyampaikan, selain melakukan perbaikan jalan, mereka juga mengadakan kerja bakti secara gotong royong setiap akhir pekan. Hal itu dilakukan demi menjaga lingkungan agar tetap bersih, terlebih pada musim penghujan seperti saat ini yang rentan membawa jenis penyakit, terutama Demam Berdarah Dengue (DBD). “Ini salah satu agenda rutin kita dalam upaya pencegahan dari berbagai pandemi penyakit diantaranya malaria atau DBD,” ungkap Herman.

Hal senada juga disampaikan Mansen Jemadan, salah satu warga dusun Golo Cala yang aktif terlibat dalam kegiatan itu. Ia mengatakan, pengerjaan dilakukan karena ada program khusus dari Kepala Desa Umung Hermanus Hasu, bahwa setiap hari Jumaat diadakan kerja bakti.

Dijelaskannya, perbaikan jalan itu mereka lakukan disebabkan banyaknya pengendara motor yang jatuh akibat kondisi jalan. Ia juga berharap agar pemerintah segera memperbaiki ruas jalan yang rusaknya itu hampir 1 Kilo meter. Apalagi jalan tersebut tidak pernah tersentuh oleh pemerintah lagi selama puluhan tahun untuk diperbaiki.

“Ini ruas jalan kewenangan Provinsi. Jadi hampir puluhan tahun tidak pernah diperhatikan lagi untuk perbaik. Sekarang kondisinya sangat rusak parah dan sering terjadi kecelakaan. Semoga pemerintah segera perbaik,” pungkasnya. (bj/fk/wn)