Maret Mendatang, Umat Katolik Manggarai Resmi Memiliki Uskup Baru

  • 3.2K
  •  
  •  
  •  
    3.2K
    Shares

MANGGARAI– Kabar gembira bagi umat Katolik Keuskupan Ruteng. Tidak lama lagi akan resmi memiliki Gembala baru yang akan menuntun umat yang berada di bagian barat Pulau Flores itu.

Kabar Sukacita itu pun akan dilaksanakan pada 19 Maret 2020 dengan merayakan Tahbisan Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat.

Untuk diketahui, perayaan Tahbisan asal Boncukode, Cibal ini bertema Perayaan Iman Umat Allah Keuskupan Ruteng dalam Semangat Omnia in Caritate.

Dari tema ini tampaklah, Tahbisan Uskup bukan hanya sebuah perayaan liturgis (ibadat) tetapi sebuah perayaan iman seluruh umat Allah Keuskupan Ruteng. Perayaan ini bertujuan untuk meningkatkan dan meneguhkan iman yang utuh (holistik), dinamis dan transformatif di tanah Nuca Lale ini.

“Momentum Tahbisan ini hendaknya meresapi dan menyemangati seluruh pelayanan pastoral di Keuskupan ini dalam kasih, selaras dengan motto tahbisan Bapak Uskup Siprianus Hormat: “Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!” (1Kor 16:14), Omnia in Caritate,” terang Ketua Umum Tahbisan, Rm. Alfons Segar, Pr didampingi Rm. Martin Chen, Pr, Selasa (25/2/2020) di Istana Keuskupan Ruteng.

Seluruh rangkaian kegiatan Tahbisan Uskup Ruteng dikemas dalam rangka mewujudkan arah dasar perayaan di atas.

Untuk itu, yang dilakukan pertama-tama adalah penguatan aspek spiritual umat. Hal ini terungkap melalui pendarasan doa dan ibadat Tahun Penggembalaan sejak awal Januari 2020, katekese umat tentang gembala dalam masa puasa, Triduum dan Vesper Agung, yang berpuncak pada perayaan tahbisan Uskup pada tanggal 19 Maret di Gereja Katedral Ruteng dan Misa Pontifikal Uskup pada tanggal 21 Maret 2020.

Kegiatan Karitatif

Iman terwujud dalam pelayanan kasih bagi orang yang sakit, susah, miskin dan menderita. Karena itu Panitia Tahbisan merancang pula berbagai kegiatan sosial yang akan dilakukan baik sebelum Perayaan Tahbisan maupun setelahnya. Bapak Uskup Sipri akan mengunjungi berbagai panti karya sosial Gereja Keuskupan Ruteng selama ini, seperti Panti Damian Cancar, SLB Karya Murni, Panti Renceng Mose, Panti Asuhan Wae Peca. Karya sosial ini melintasi batas-batas agama. Karena itu, Bapak Uskup juga akan bertandang ke Pesantren di Reo dan Panti Muslim di Labuan Bajo. Selain itu, Panitia Tahbisan juga merencanakan kegiatan Baksos untuk orang sakit di tiga tempat di tiga wilayah Kabupaten Manggarai Raya. Dalam kerja sama dengan Komunitas Cinta Kasih (KCK) Denpasar, Panitia juga akan menyelenggarakan operasi katarak gratis di RSUD Ben Mboi Ruteng, tanggal 28 April-3 Mei 2020.

Perayaan Iman Tahbisan Meliputi Pula Aspek Ekologis

Dalam upaya mewujudkan integritas (keutuhan) ciptaan ini, Panitia dalam kerja sama dengan Pemda, Paroki, KBG dan masyarakat, tengah melaksanakan berbagai kegiatan kebersihan di jalan-jalan dan tempat-tempat umum. Puncak kegiatan ekologis ini adalah kegiatan penghijauan bersama Bapak Uskup Sipri di Golo Lusang, 13 Maret 2020.

Perayaan Tahbisan Uskup mengungkapkan sukacita dan meneguhkan persaudaraan umat. Oleh sebab itu, selama hampir sepekan dari tanggal 15-19 Maret, akan diadakan pameran tentang karya evangelisasi dan karya sosial Gereja di lapangan parkir Katedral Ruteng.

Pada kesempatan itu, pula berbagai kelompok seni dari sekolah dan lembaga akan menghibur umat dengan atraksi dan pentas seni.

Yang Menahbis

Rencananya, Uskup Sipri ditahbis oleh Kardinal Ignasius Suharyo didampingi Uskup Agung Ende, Mgr. Vincentius Sensi Potokota, Pr dihadiri pula Uskup dari seluruh Indonesia.

Pihaknya juga mengundang beberapa tokoh di Indonesia. Sedangkan, untuk tamu dan undangan lain, pihaknya menyiapkan kursi berjumlah 10.000 unit. (Dirangkum dari berbagai sumber)