Hadir Langsung di Jakarta, Frans Mudir Terima Piala Kejuaraan Wae Rebo di Ajang ADWI 2021

  •  
  •  
  •  
  •  

media-wartanusantara.id – Tak sia-sia Ketua masyarakat Wae Rebo Frans Mudir berangkat jauh-jauh ke Jakarta untuk mengikuti malam puncak ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Jakarta pada Selasa, 7 Desember 2021.

Disiarkan secara langsung melalui akun YouTube resmi Kemenparekraf pada Selasa malam, Kampung Adat Wae Rebo, Desa Satar Lenda, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai keluar sebagai juara pertama dalam kategori Daya Tarik Wisata di ajang ADWI 2021. Piala penghargaan dan uang tunai sebesar Rp. 30.000.000 atas kejuaraan tersebut diterima langsung oleh Frans Mudir.

Diketahui, ADWI 2021 merupakan ajang pemberian penghargaan terhadap 50 desa wisata yang memiliki prestasi berdasarkan kriteria penilaian dari Kemenparekraf. Ajang ini bertujuan untuk mendorong desa-desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia yang berdaya saing tinggi.

Ada pun daftar kejuaraan desa wisata pemenang ADWI 2021 dalam kategori Daya Tarik Wisata, yakni; Juara 1 Desa Wisata Wae Rebo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, juara 2 Desa Wisata Arborek, Raja Ampat, Papua, juara 3 Desa Wisata Sanankerto, Malang, Jawa Timur, juara 4 Desa Wisata Senaru, Lombok Utara, NTB, dan juara ke-5 adalah Desa Wisata Sungai Batang, Agam, Sumatera Barat.

Selain kategori Daya Tarik Wisata, penilaian lain dalam ajang ADWI 2021 ini meliputi; cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environment sustainability (kelestarian lingkungan) atau CHSE; desa digital; suvenir (kuliner, fesyen, kriya), konten kreatif; homestay dan toilet. (fk/wn/yb/red)