Menteri Pariwisata & Ekraf ke Wae Rebo, Sekolah Wisata di Ruteng Malah Tawuran

  •  
  •  
  •  
  •  

media-wartanusantara.id – Beberapa video yang mempertunjukkan perkelahian antar dua sekolah di Ruteng, Ibu Kota Kabupaten Manggarai pada Kamis, 2 Desember 2021 sempat viral di media sosial. Siswa yang terlibat tawuran ini merupakan Murid dari SMK Sadar Wisata Ruteng dan SMA Bina Kusuma Ruteng.

Video kericuhan antar kedua sekolah ini viral di media sosial Facebook maupun WatsApp sejak tanggal 2 hingga 3 Desember. Padahal di tanggal yang sama, sejak video ini mulai beredar, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno tengah berada di bumi Nuca Lale.

Didampingi Bupati Manggarai, Menteri Sandiaga bersama rombongan berkunjung ke Kampung Wisata Adat Wae Rebo, yang terletak di Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai. Mereka tiba pada Kamis, 2 Desember, pukul 17.00 Wita dan menginap semalam di kampung adat Wae Rebo.

Kuat dugaan, tawuran yang melibatkan salah satu sekolah Wisata di Ibu Kota ini terjadi saat Menteri Sandiaga Uno sudah tiba di Kecamatan Satar Mese Barat.

Belakangan diketahui, penyebab kedua sekolah ini melakukan aksi tawuran, akibat dari salah satu postingan facebook dengan nama akun Anto Molata. Menantang STM Binakusuma, akun tersebut mengatasnamakan SMK Sadar Wisata.

“Oe eme meu hot sekolah wa STM eme jago mai raha agu ami hot sekolah ce SMK Sadar Wisata #FuckSTM ” (kamu yang sekolah di STM Binakusuma kalau jago datang berkelahi dengan kami yang sekolah di SMK Sadar Wisata),” demikian tulis akun tersebut.

Dari video yang beredar, tampaknya tawuran diduga terjadi di sekitar sekolah SMK Sadar Wisata, tepatnya di Kampung Maumere, Kelurahan Bangka Nekang, Kecamatan Langke Rembong. Terlihat banyaknya Siswa SMK Sadar Wisata keluar dari gerbang sekolah beramai-ramai, seakan melakukan penyerangan terhadap siswa sekolah lain.

Pasca tawuran terjadi, beredar pula video sejumlah siswa yang diduga pemenang dalam perkelahian tersebut. Mereka merayakan euforia kemenangan di lokasi yang sama, dengan konvoi menggunakan kendaraan bermotor. (wn/fk/red)