Jadi Ketua Komisi III, Tak Punya Background Hukum, Bambang Pacul Minta Bimbingan

  •  
  •  
  •  
  •  

media-wartanusantara.id – Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul yang baru dilantik menjadi Ketua Komisi III DPR RI, mengakui jika sebenarnya Ia tak memiliki latar belakang di bidang Hukum. Karena itu, Ia meminta rekan Komisi Hukum DPR RI untuk dapat membimbingnya.

“Mohon izin saya dibimbing, karena saya sesungguhnya sama sekali tidak punya background hukum. Karena tidak ada kaitannya dengan hukum, maka para pimpinan yang sudah lama di sini pasti akan membimbing kami bersama-sama,” ujarnya usai dilantik menjadi Ketua Komisi III DPR RI, Senin, 22 November 2021.

Bambang mengatakan, Ia hanya memiliki pengalaman menjadi sekretaris fraksi sejak April 2007. “Jadi sudah 14 tahun lebih jabatan sekretaris, mudah-mudahan sekretaris yang sekrit-sekrit ini menjadi pengalaman saya untuk memecahkan yang sikrit-sekrut di Komisi III,” ucapnya.

Bambang Pacul dilantik menjadi Ketua Komisi Hukum menggantikan Herman Hery yang kini menjadi anggota Komisi VII. Pelantikan yang berlangsung di Ruang Rapat Komisi III itu pimpin oleh Wakil Ketua DPR Lodewijk F. Paulus.

Dalam kesempatan yang sama, Herman Hery mengatakan Bambang Pacul merupakan salah satu sahabat baiknya. Dia pun telah berpesan kepada seluruh anggota Komisi III untuk mendukung Pacul sebagai ketua komisi.

“Saya katakan ‘Mas, melangkahlah ke depan karena teman-teman sudah saya minta untuk bersama-sama mendukung Mas sebagai ketua komisi yang baru‘,” demikian pesan Herman ke Bambang Pacul.

Legislator asal NTT itu mengaku siap melaksanakan tugas baru yang diberikan partai untuk menjadi anggota Komisi VII DPR.
Sebagai seorang politisi kata Dia, tentu sangat siap ditugaskan ke mana saja. “Saat saya dipanggil oleh pimpinan fraksi dan pimpinan mengatakan ada rotasi, ada pergeseran saya katakan siap. Saya menjunjung tinggi loyalitas terhadap penugasan dari partai saya,” pungkas Herman.

Herman juga menyampaikan terima kasih kepada ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang sudah mempercayakan menjadi Ketua Komisi III selama dua tahun. Itu merupakan sebuah bentuk kepercayaan pimpinan partai yang diberikan terhadapnya.

“Saya mau sampaikan di sini, terima kasih kepada Ibu Megawati yang sudah menugaskan saya sebagai Ketua Komisi III DPR selama dua tahun,” katanya.

Ia juga berterima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota Komisi III DPR RI. Kata Herman, perbedaan partai tidak menjadi masalah dalam menyelesaikan tugas di komisi bidang hukum.

“Selama 2 tahun kita sudah bergandengan bersama untuk membawa misi tugas kita bagi kemaslahatan bangsa dan konstituen kita,” ujarnya.

Herman pun menyatakan kebanggaannya menjadi bagian dari Komisi III selama belasan tahun. Bermula sebagai anggota, wakil ketua, hingga ketua komisi. Selama di Komisi III, Herman menyebut sudah banyak hal yang mereka lalui bersama dalam suka maupun duka.

“Sudah banyak suka dan duka bersama di Komisi III DPR. Lebih banyak senangnya. Kenapa? Karena Komisi III DPR sangat rujuk. Komisi III DPR ini kedengaran orang sangat berat, tetapi karena berat itulah kebersamaan kita, saling bergandengan tangan, saling menghormati terutama dalam membawa misi tugas ke DPR-an kita,” jelasnya.

Herman mengaku meninggalkan Komisi III DPR dengan rasa bangga, hormat dan juga terharu. (WN/RED)