Benny Kabur Harman dan Heri Ngabut Resmikan Cafe Markedila di Golo Worok

  •  
  •  
  •  
  •  

media-wartanusantara.id – Cafe Markedila yang berlokasi di Kampung Wela, Desa Golo Worok, Kecamatan Ruteng yang berlokasi di wilayah perbatasan Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat diresmikan pada Jumaat, 7 Januari 2022 kemarin. Informasi yang diperoleh Wartanusantara, Cafe tersebut adalah milik Aleksius Armanjaya. Ia merupakan Putra asal Kampung Wela yang juga bekerja sebagai Tenaga Ahli (TA) dari Anggota DPR RI Benny Kabur Harman.

Diawali dengan perayaan ekaristi, Cafe yang berada di atas bukit itu diresmikan langsung oleh Benny Kabur Harman dan Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut yang ditandai dengan pemotongan pita dan pembukaan kunci pintu cafe.

Dalam kesempatan itu Benny Kabur Harman mengatakan, ia bersama keluarganya menghadiri kegiatan itu sebagai bentuk dukungan terhadap pemilik Cafe. Benny berpesan kepada Aleksius Armanjaya agar usaha cafe tersebut ke depannya bisa maju. “Saya harapkan pemilik Cafe agar selalu berdoa dan berusaha agar Cafe ini bisa maju. Selain itu harus melayani tamu dengan senyuman dan membangun komunikasi dan relasi yang baik kepada banyak orang. Apalagi Cafe itu memiliki view berupa keindahan alam yang indah,” ujar Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu di sela-sela grand opening, kemarin.

Sementara Wabup Manggarai, Heribertus Ngabut, dalam kesempatan itu mengatakan dirinya bersama Bupati Manggarai sangat mendukung dan menghormati pemilik Cafe yang telah mendirikan tempat usaha di wilayah tersebut. “Semoga melalui moment pelaunchingan ini, dapat membawa berkat bagi pemilik Cafe dan semua masyarakat,” ujar Heri Ngabut.

Pemilik Cafe, Aleksius Armanjaya mengatakan, ia membuka usaha cafe itu sebagai bentuk keinginannya untuk memberikan tempat hiburan bagi masyarakat. “(Cafe dibuka) untuk membuat masyarakat khususnya anak-anak muda bisa bahagia ke tempat ini dengan menikmati alam yang menakjubkan,” ujar Leksi, sapaan Aleksius Armanjaya.

“Kampung Wela salah satu tempat penghasil berbagai hasil pertanian. Salah satunya adalah kopi Manggarai,” tambahnya.

Aleks menjelaskan, dirinya berinisiatif membuka usaha Cafe Markedila untuk meningkatkan nilai jual hasil pertanian para petani. Selain kopi, Markedila Cafe nantinya akan menjual beberapa makanan khas Manggarai yang dibeli dari masyarakat setempat.

Dikatakannya, sejak zaman dulu kampung Wela sudah mempunyai potensi pertanian. Kampung tersebut dikenal sebagai wilayah dengan potensi pertanian seperti Ubi Kayu, Jagung hingga minuman khas Manggarai yang biasa disebut Sopi. Kehadiran Markedila Cafe, kata Leksi, menghadirkan wajah Kampung Wela dengan segala potensi yang ada dan wajah modern sesuai tuntutan perkembangan zaman.

“Markedila Cafe hadir dengan wajah modern sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Kali ini akan saya coba mengangkat kembali Kampung Wela dalam wajah yang lebih modern,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Leksi, Markedila Cafe dilengkapi dengan fasilitas Internet seperti wifi. Hal itu demi menjawab perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Dengan demikian, masyarakat yang datang menikmati berbagai makanan dan minuman khas Manggarai di Markedila Cafe dapat menikmati wifi secara gratis.

Menurut Leksi selaku pemilik Markedila Cafe ini, fasilitas wifi merupakan salah satu tuntutan di tengah perkembangan dunia informasi yang serba cepat. Dengan adanya fasilitas wifi ini, masyarakat maupun anak sekolah di Kampung Wela maupun dari Kampung sekitar dapat memanfaatkan wifi ini untuk memenuhi kebutuhan mereka.

“Kita sengaja memasang fasilitas internet seperti wifi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan datang di Markedila Cafe,” ungkapnya.

Selain menyediakan fasilitas internet secara gratis, Leksi berencana akan mengadakan program kuliah gratis bagi masyarakat. Rencananya, program kuliah gratis ini diadakan satu kali selama satu bulan dan terbuka untuk semua lapisan masyarakat.

“Kehadiran Markedila Cafe selain mempromosikan makanan dan minuman khas Manggarai, tugas utama kita sebenarnya adalah melaksanakan berbagai program pemberdayaan kepada masyarakat melalui program kuliah gratis,” tukasnya.

Tampak hadir dalam acara peresmian tersebut di antaranya Camat Kuwus Manggarai Barat Geby Bagung, Asisten Bupati Manggarai Yos Mantara dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Manggarai Silvanus Hadir. Selain itu hadir pula Ketua DPC Demokrat Manggarai Timur Lucius Modo, Ketua DPC Demokrat Manggarai David Suda, sejumlah Kader Demokrat, Babinsa dan Babinkamtibmas, serta pengunjung dan sebagian besar Warga Desa setempat. (Red)