Hengkang dari PKB dan Jadi Ketua PSI Mabar, Marselinus Masri: Politik Tak Ada yang Abadi

  •  
  •  
  •  
  •  

media-wartanusantara.id – Marselinus Masri, yang sebelumnya menjabat sebagai sekertaris DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Manggarai Barat, kini telah dinobatkan sebagai Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten setempat. Masri dilantik langsung oleh Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha di Labuan Bajo, Rabu 10 November 2021.

Masri menegaskan, ihwal kehengkangannya dari PKB Mabar merupakan sebuah hak politik personal. Bukan karena ada masalah dalam internal partai.

“Secara pribadi saya hengkang dari PKB tanpa ada masalah. Secara struktur dan secara kepartaian saya tidak bermasalah dengan Partai PKB, tetapi  saya perlu tekankan bahwa saya yang mengatur penggunaan hak politik untuk pindah ke partai lain,” tegas Masri saat ditemui Media Warta di Sekertariat DPD PSI Mabar, Rabu malam, 17 November 2021.

Bagi mantan politisi PKB ini, pilihan untuk pindah partai itu selain sebagai hak politik, juga dilatari oleh pertimbangan untuk mencapai target politik pada tahun 2024.

“Kemana saya harus berpolitik, itu tergantung saya. Saya hengkang dari sana, tentunya punya tujuan untuk 2024”, ujar Masri dengan nada mantap.

Dirinya menjatuhkan pilihan ke PSI tidak terlepas dari unsur kecocokan strategi dan peluang politik untuk tampil sebagai kampium. “Strategi mana yang saya bisa main, peluang mana yang harus bisa saya optimalkan. Pilihan politik saya jatuhnya ke PSI,” ucap Masri.

Kendati demikian, putra Lancang ini sangat menghargai isu dan penilaian orang soal kepindahannya ke PSI. Karena baginya, yang namanya politik itu tak ada yang abadi. “Saya menghargai isu itu, apa pun tanggapan orang saya tetap menghargai karena politik tidak ada yang abadi,” ungkap Masri.

Bagi Masri, unsur kenyamanan dalam berpolitik menjadi sebuah keharusan. Sebab menurutnya, yang dibutuhkan dalam berpolitik itu adalah soal kenyamanan, ibaratnya sebuah rumah tangga.

“Jika dalam rumah tangga itu saya merasa tidak nyaman, jalan terbaik adalah menentukan sikap yaitu sikap memilih. Dan pilihan saya jatuh di PSI,” ujarnya dengan penuh semangat.

Dengan dinobatkannya menjadi Ketua PSI Mabar, Masri mengucapkan terima kasih kepada pengurus DPP yang telah membuka pintu baginya.

“Terima kasih sebanyak – banyaknya kepada ketua DPP pusat, secara khusus kepada Giring Ganesa atas kepercayaannya. Saya akan berjanji akan membesarkan partai PSI di Kabupaten ini,” tukas Masri.

Membesarkan Partai

Masri mengatakan, ke depannya Ia akan memasang target untuk dapat membesarkan partai PSI di Kabupaten ujung barat Pulau Flores itu. Untuk membesarkan Partai, lanjut Dia, maka harus dilakukan pembenahan struktur terlebih dahulu, baik dari tingkat DPD, DPC, hingga ke tingkat ranting. “Karena itu ada kaitannya dengan verifikasi terhadap KPU yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021,” jelasnya.

Pembenahan yang dilakukan nantinya, kata Masri, sekaligus membentangkan sayap PSI yang selama ini mungkin tidak berjalan secara maksimal. Dengan kata lain, menempatkan sebuah struktur yang sesuai dengan porsinya.

“Sehingga dengan pembenahan ini, maka komponen-komponen yang sudah dibentuk dalam PSI akan dengan sendirinya berjalan sampai ke akar rumput,” bebernya.

Setelah dilakukan pembenahan, demikian Masri, kedepannya akan dilakukan pemetaan. Itu dilakukan untuk menentukan terkait kesiapan dalam rangka pertarungan 2024.

“Perlu diingat juga bahwa PSI, sangat anti dengan yang namanya korupsi, intoleransi, apalagi yang namanya money politik dan sara. Itu menjadi bagian terpenting dalam visi misi PSI,” tegas Dia.

Masri mengungkapkan, PSI sangat terbuka bagi kaum muda secara luas. Pihaknya akan menerima kaum muda untuk secara bersama-sama membesarkan partai PSI. “Mari gabunglah ke PSI,” imbuhnya seraya menyampaikan jika kebesaran PSI tak terlepas dari peranan media.

Penulis: Yoflan Bagang
Editor: Febriano Kabur