41 Anggotanya Naik Pangkat, Kapolres Mabar: Bukan untuk Gagah-gagahan!

  •  
  •  
  •  
  •  

media-wartanusantara.id – Sebanyak 41 personel Polri di Polres Manggarai Barat mendapatkan kenaikan pangkat di awal tahun 2022. Dari 41 personel, 5 di antaranya merupakan personel Brimob Subden 4 Den B Pelopor Labuan Bajo. Proses kenaikan pangkat tersebut dilangsungkan melalui upacara Korps Raport di lapangan apel Mapolres Mabar, Labuan Bajo pada Senin pagi, 3 Januari 2022 sekira pukul 08.30 Wita.

Kapolres Mabar AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si. mengatakan, kenaikan pangkat yang diberikan setingkat lebih tinggi ini sesuai dengan periode dan sebagai bentuk penghargaan kepada anggota Polri yang telah memenuhi syarat. Hal ini sesuai ketentuan serta merupakan hasil penilaian kinerja, prestasi serta dedikasi dari personel. Ia menegaskan, kenaikan pangkat yang diperoleh anggotanya bukan sekedar untuk gagah-gagahan, melainkan untuk menjalankan tugas-tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Perlu saya tekankan kepada anggota yang telah naik pangkat, bahwa kenaikan pangkat bukan sekedar untuk gagah–gagahan saja, namun yang perlu saudara ingat pertama-tama harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan yang kedua tugas-tugas saudara mendatang akan semakin berat dan banyak tantangannya, karena Polri bukan hanya ingin dicintai masyarakat namun juga di percaya sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat,” tegasnya.

Dikatakannya, kenaikan pangkat personel Polres Manggarai Barat beserta Personil Brimob yang jumlahnya sangat banyak merupakan suatu kebanggaan, baik bagi Kapolres sendiri, terhadap anggota, maupun keluarga. Sebab kata Kapolres, mereka mempunyai prestasi dan dedikasi kerja yang baik sehingga pimpinan Polri memberikan penghargaan berupa kenaikan pangkat.

“Kenaikan pangkat yang saudara terima sekarang ini bagi anggota Polri bukan merupakan hak anggota, namun sebuah penghargaan dari penilaian kinerja dan penilaian tingkah laku yang baik dalam melaksanakan tugas, tingkah laku yang disesuaikan dengan ketentuan perundang–undangan yang berlaku sehingga tidak terjadi kesalahan,” lanjutnya.

Diharapkan dengan adanya momentum ini, demikian Kapolres, para personel yang naik pangkat dapat meningkatkan kinerjanya sehingga terciptanya produktivitas dan efektifitas dalam melaksanakan tupoksinya.

“Jadikan kenaikan pangkat sebagai cambuk untuk meningkatkan profesionalisme kinerja Polri. Ubahlah pola pikir (mind set) dan pola prilaku (culture set) serta berikan pelayanan prima sebagai upaya memupuk dan mewujudkan kepercayaan masyarakat (trust building) yang telah ada selama ini. Sebab itu personel yang naik pangkat periode 1 Januari 2022 ini agar serius dalam bekerja,” kata Kapolres Mabar.

Perwira dengan dua melati dipundaknya itu menambahkan, bentuk syukur dari kenaikan pangkat merupakan bekerja keras dengan baik. Sebab kerja keras tidak akan menghianati hasil jika dilandasi dengan semangat dan niat, maka pekerjaan akan lebih mudah.

“Di dalam pekerjaan Kepolisian sesungguhnya tidak ada yang sulit, hanya tinggal kemauan saja. Ketika kemauan tertancap di diri kita, pasti kemampuan akan mengiringi di situ. Karena itu saya ingatkan semangat dalam bekerja agar meraih hasil yang baik,” ungkap Alumni Akpol angkatan 2000 itu.

Ada pun perincian kenaikan pangkat personel tersebut meliputi; Inspektur Polisi Satu (IPTU) ke Ajun Komisaris Polisi (AKP) sebanyak 2 personel. Inspektur Polisi Dua (IPDA) ke IPTU sebanyak 2 personel. Kemudian Brigadir Polisi Kepala (BRIPKA) ke Ajun Inspektur Polisi Dua (AIPDA) sebanyak 15 personel. Brigadir Polisi (BRIGPOL) ke BRIPKA sebanyak 9 personel. Lalu Brigadir Polisi Satu (BRIPTU) ke BRIGPOL sebanyak 6 personel dan Brigadir Polisi Dua (BRIPDA) ke BRIPTU sebanyak 3 personil serta Bhayangkara Satu (BHARATU) ke Bhayangkara Kepala (BHARAKA) sebanyak 4 personil.

Ada tiga pejabat utama Polres Manggarai Barat yang mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari IPTU ke AKP, yakni Kasat Binmas Polres Mabar, AKP Hajairin dan Kasat Samapta Polres Mabar, AKP Markus Malik. Untuk IPDA ke IPTU, yakni Kapolsek Kuwus IPTU Matheos A. D. Siok dan Kasi Humas IPTU Eka Dharma Yuda.

Selain itu, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si. juga mengucapkan Selamat Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 kepada seluruh personil Polri yang bertugas diseluruh pelosok Kabupaten Manggarai Barat.

“Saya selaku pimpinan dan seluruh staf Polres Manggarai Barat beserta Bhayangkari mengucapkan Selamat Hari Raya Natal 2021 bagi seluruh anggota yang merayakan, semoga damai Natal dapat mempererat persaudaraan diantara kita dalam menghadapi tugas–tugas kedepan dan Selamat Tahun Baru 2022 kepada kita semua dengan harapan di Tahun 2022, kita tetap diberikan perlindungan oleh Tuhan dalam pengabdian kita terhadap Bangsa dan Negara. Amin,” ucapnya.

Selesai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan pemberian selamat dari Kapolres Manggarai Barat beserta seluruh pejabat utama kepada anggota Polri yang naik pangkat. (fk/rs)